Selasa, 05 Maret 2013

Broken Heart Survival Guide


Dunia Runtuh Ketika Putus Cinta

“Aku mau ngomong penting sama kamu (Ciee, yauda ngmong ja, gtu ja repot ) hahah...”
Ketika mendengar kalimat itu dari sang kekasih, rasanya jantung serasa berhenti sepersekian detik (mati donkk). Sebenarnya Anda sudah tahu ketika hubungan Anda dengannya sudah mendekati hari-hari terakhir... dan kalimat tersebut adalah awal dari sebuah pengalaman yang menyakitkan dan menyedihkan dalam hidup Anda.
Anda putus hubungan dengan sang kekasih... dan di sini sekarang Anda berada.

Putus cinta adalah salah satu situasi yang paling mengerikan, menyedihkan dan paling tidak enak yang dapat dirasakan oleh seseorang. Kalau dalam bahasa jawanyanya patah hati disebut broken heart (hahaha, :D ) , itu karena memang menggambarkan keadaan emosi dan perasaan seseorang yang tengah mengalami keadaan ini. Hancur berantakan. Bagaikan sebuah gelas beling yang terbanting ke lantai, berkeping-keping, berserakan ke mana-mana (Agak Lebayyyy ).

Sedih, kangen, sayang, marah, bingung, kaget, penyesalan dan sejuta perasaan lainnya bercampur aduk jadi satu dalam ramuan(macam jamu ya ) yang membuat Anda sakit dan ingin berlari sejauh-jauhnya. Dan memang itu yang banyak dilakukan orang dalam keadaan ini: melarikan diri atau bahasa inggrisnya KABURRRR :D.

Jiwa Anda seperti menggeliat (Cacing kalee menggeliat ), meregang dalam rasa sakit putus cinta yang tidak kunjung mereda. Orang-orang di sekitar Anda berkata, "Sudahlah, luka putus cinta seperti ini pasti sembuh sendiri seiring waktu (lu mah cuma ngomong enak, gag ngerasain sih :P )." Namun itu terasa seperti nasihat omong kosong karena Anda sama sekali tidak merasa seperti itu. Setiap hari yang berlalu dari momen tragis itu, Anda merasa semakin pedih, kegundahan yang sulit dinyatakan dengan kata-kata. Sepertinya tidak ada seorang pun yang bisa memahami rasa pilu di hati Anda, cieee terlalu mndramatisirr yak.

Sobat, Anda tidak sendirian, masii ada sayaaaaa :D..

Anda kerap terbayang akan kisah-kisah indah yang pernah dilalui bersamanya dahulu, jauh sebelum putus cinta. Anda tidak bisa berhenti memikirkan seluruh janji cinta manis yang disampaikan olehnya. Seluruh tulisan surat cinta, SMS cinta, puisi cinta, candaan cinta lewat telepon, serta pertemuan-pertemuan yang hangat dan nyaman. 

Semua terasa begitu sempurna (Seperti Lagu andra and the blackbond :D, utang kalee pakee bon segala ). Anda bisa yakin itu bukan perasaan kasmaran Anda saja karena ada banyak orang yang begitu mendukung, mengkonfirmasi, bahkan iri akan keindahan hubungan cinta Anda dengannya. Dan ketika semuanya berakhir, semuanya terasa... runtuh, hancur berantakan (macam kena Tsunami lah ).

Anda sudah mencoba untuk kuat melewati masa putus cinta ini. Anda berkali-kali berteriak pada diri sendiri untuk bangun dan bertahan. Apa daya, cinta Anda terputus bersamaan dengan asa untuk melanjutkan hidup Anda. Rasa sakit datang bertubi-tubi, membuat Anda jiwa Anda lelah dan terlalu hampa untuk hal-hal lainnya. Anda jatuh terluka. Hati Anda. Jiwa Anda. Mental Anda. Fisik Anda. Seluruhnya. 

Sobat, Anda tidak sendirian, ingatt masih ada sayyaaaa :D..

Saya bisa menulis itu semua karena saya pernah berada di posisi Anda, baru" saja malah (Curcoll dikitt yakk :D). Apa yang Anda rasakan hari ini bukan sebuah fenomena yang unik milik Anda dan saya saja. Menurut statistik, (Eakkkk, masuk diaa statistikanya, PUM'a gag msukk?? ) hahah :D, setiap harinya diperkirakan ada satu kisah putus cinta untuk setiap dua puluh pasangan di dunia ini (ayoo ad yg tau ini pakai statistik ap?? ) hahah. 

Anda perlu mengetahui bahwa apapun yang Anda rasakan sekarang adalah ALAMIAHWAJAR dan NORMAL, kalau anda tidak merasakan hal seperti itu, hati" jangan" anda Abnormal, harus konsultasi k Psikolog yakk, (sedikit Promosii). Anda tidak perlu merasa bersalah jika ingin mengurung diri sepanjang hari, menangis sepanjang minggu, berteriak-teriak menyalahkan keadaan sepanjang bulan, atau bahkan sesekali terpikir untuk menyakiti diri demi mengalihkan perhatian dari lirih luka di hati Anda (jangan lebay pleasee).

Anda BERHAK untuk merasa kecewa, hancur dan tersakiti!
 Saya tahu persis rasanya. Saya sangat mengerti bahwa Anda sudah cukup menderita dengan penolakan dan putus cinta, jadi rasanya saya tidak perlu lagi memperparah keadaan dengan memarahi Anda atau bahkan melarang Anda melakukan hal-hal bodoh, konyol, dan tidak berguna seperti itu.

Silakan Anda curahkan semua emosi, penyesalan dan kekecewaan Anda. Saya akan setia menunggu di sini. Saya tidak akan ke mana-mana… Karena setelah Anda lelah melakukan itu semua, saya ingin mengulurkan tangan dan mengajak Anda untuk kembali berdiri, gogogogogo stand up !.

Untuk itu saya ada di sini. Untuk membantu Anda menata kembali diri Anda yang sedang hancur, biarr sayaa lem lagii,, hahah :D. 

Langkah demi langkah.. Perlahan namun pasti..

Tidak pernah ada pil obat ajaib untuk mengatasi putus cinta secara instan (Mie kali pakai Instan segala). Satu-satunya yang bisa Anda lakukan saat ini adalah apa yang saya sebut damage control, yakni mengendalikan kondisi agar tidak lebih rusak dan menyakitkan daripada seharusnya. Baru setelah itu Anda dapat menjalani proses penyembuhan Anda.

Putus cinta memang menyakitkan. Tapi mengalami putus cinta berarti Anda sudah pernah menjalin cinta. Berarti Anda sudah pernah menemukan, merasakan dan mendapatkan cinta. Karena itu, hal pertama yang saya ingin Anda lakukan adalah: bersyukur bahwa Anda telah mengalami ini semua. Ini adalah sebuah pengalaman berharga yang akan membuat Anda bertambah kuat dan dewasa.
Ketika Anda mengalami patah hati dan putus cinta, ada dua pilihan yang dapat Anda lakukan. Pertama, Anda dapat terus terpuruk dan hanyut dalam lautan penyesalan dan kesedihan, membuat aspek-aspek lain dalam hidup Anda ikut terseret dalam arusnya. Menjadikan Anda pria/wanita yang lebih rendah kualitasnya daripada sebelumnya.
Atau Anda dapat mengambil pilihan kedua, Anda dapat belajar dari kesalahan Anda dan menjadikan momen ini sebagai kesempatan emas bagi Anda untuk melesat lebih tinggi menjadi pria/wanita yang jauh lebih berkualitas dari sebelumnya. Seperti kata pepatah: Apa yang tidak membunuh Anda akan membuat Anda semakin kuat.
Pilihan kedua jelas lebih menarik, bukan?
Saya hanya ingin Anda melakukan dan melaluinya dengan tips dan trik yang sehat tanpa merugikan diri.
Sadari bahwa putus cinta adalah bagian dari kehidupan. Cepat atau lambat Anda akan merasakannya, bahkan Anda dijamin mengalami beberapa kali lagi di masa depan dan di sepanjang hidup Anda nanti. Untuk bisa menyembuhkan diri dari rasa sakit dan trauma yang mengerikan ini, sebelumnya Anda perlu benar-benar menyadari sepenuhnya apa yang sedang Anda alami sekarang.
Saya sering menyebutnya dengan kalimat, "To know yourself is to heal yourself." Jadi berikut ini, saya akan menampilkan beberapa fakta penting tentang keadaan putus cinta ini.
Tapi pada kenyataannya sangat susah sekali melakukan pilihan tersebut. Saya sangat mengerti rasanya, karena saya sudah mengalaminya. Dan sebelum Anda melakukan apapun, saya ingin memberitahu Anda sebuah kunci krusial apabila Anda ingin menyembuhkan diri Anda dari rasa sakit di hati Anda.

STOP BERPIKIR DENGAN OTAK ANDA SENDIRI ( soo berfikir pakai otak siapa donk?? hahah :D!
Ini sangat penting! Karena itu saya harap Anda mengingatnya baik-baik..
Ketika kekasih Anda menolak Anda dan berkata bahwa dia tidak memiliki perasaan apa-apa lagi pada Anda. Ketika dia berkata tidak lagi menginginkan Anda. Ketika dia mengatakan sudah memilih orang lain. Ketika dia memutuskan hubungan yang sudah terjalin sekian lama dan menyalahkan Anda sebagai penyebabnya. Yang terjadi adalah: otak Anda akan mengalami yang saya sebut Reality Crash.
Otak Anda tidak bisa memproses, menerima dan mempercayai informasi yang masuk. Karena baru seminggu sebelumnya dia berkata sangat menyayangi Anda, karena baru saja kemarin Anda dinner romantis dengannya, jadi bagaimana mungkin hari ini dia berkata tidak lagi menginginkan Anda?
Selama ini Anda merasa bahwa dia adalah milik Anda, lalu tiba-tiba Anda tidak lagi memilikinya. Ini tidak mungkin terjadi! Tidak mungkin! Crash! Crash! Crash!

Ini murni sebuah reaksi psikologis yang normal (masukk dia ilmu Psikolognya). Coba ingat-ingat kembali saat Anda kehilangan handphone, dompet atau barang lain yang cukup berharga bagi Anda. Untuk sesaat Anda pasti akan diam terpaku. Otak Anda berjuang keras untuk mencerna informasi yang masuk. Karena baru saja beberapa menit yang lalu handphone tersebut ada dalam kantong celana Anda, bagaimana mungkin bisa hilang dalam sekejap?
Setelah Reality Crash, hal berikutnya yang terjadi pada otak Anda adalah berusaha mencari alasan yang logis untuk mengisi kekosongan proses di tahap sebelumnya. Ini adalah tahap 5W1HWhat, Who, Where, When, Why dan How. "Apa yang terjadi? Apa salah saya? Apakah ini sudah direncanakan sejak lama? Sejak kapan? Apa ada pria lain? Kenapa dia jadi begini? Bagaimana mungkin bisa semudah itu? Apa selama ini hubungan kita tidak ada artinya?"
Dan sejuta pertanyaan-pertanyaan lainnya yang langsung Anda lempar pada kekasih Anda. Apapun jawabannya, tidak peduli seberapa logisnya, Anda tidak akan puas mendengarnya. Karena itu semua bukanlah jawaban yang Anda inginkan. Itu bukan jawaban sesuai dengan realita yang Anda inginkan.
Karena tidak berhasil memulihkan realita yang Anda percayai, Anda akan melakukan tahap ketiga. Pushing. Memaksa kekasih Anda. Otak Anda panik dan akan berputar keras untuk mencari solusi yang mungkin dapat menolong Anda. Otak Anda akan membuat Anda melakukan segala macam cara untuk agar dia mengembalikan keseimbangan hidup Anda.
Memohon, menangis, mengemis, marah, main kasar, mengancam, memelas, dan segala macam cara yang terpikirkan oleh Anda saat itu. Dan ini adalah tahap di mana terjadi kerusakan yang sebenarnya dalam hubungan Anda, yang dapat berakibat fatal.
Setiap orang paling benci dipaksa. Ini adalah prinsip yang harus Anda mengerti. Jadi begitu Anda mulai memaksanya dengan segala macam cara, di saat itu juga dia akan menjauhi Anda dan semakin jengkel dengan Anda. Sampai satu titik, apabila Anda melakukan hal-hal tersebut terus menerus, dia bahkan tidak akan mau lagi melihat wajah Anda lagi.
Yang harus Anda lakukan apabila Anda tidak ingin kehilangan si dia dan merusak hubungan ini selamanya, adalah:
STOP BERPIKIR DENGAN OTAK ANDA SENDIRI!
Keadaan mental dan emosi Anda sedang mengalami guncangan. Logika Anda sedang kacau balau. Shock. Anda sedang tidak dalam keadaan yang sehat untuk mengambil keputusan. Apapun yang Anda pikirkan, apapun yang Anda analisa, dapat dipastikan semuanya akan memperburuk keadaan.
Dalam keadaan seperti ini, otak Anda adalah sumber yang paling tidak bisa Anda percayai. Jadi berhentilah berpikir dan menganalisa. Tujuan utama Anda adalah menenangkan diri dulu. Itu yang terpenting saat ini.
Sama halnya ketika terjadi kebakaran di rumah Anda. Hal pertama yang harus Anda ingat adalah: jangan panik! Apabila Anda tetap tenang, maka Anda dapat berpikir logis tentang barang-barang apa saja yang harus Anda selamatkan. Mana yang penting, mana yang kurang penting, apakah masih ada waktu untuk menelpon pemadam kebakaran, dan semua keputusan-keputusan logis lainnya yang tidak dapat Anda pikirkan apabila Anda dalam keadaan panik.
Setelah Anda tenang dan dapat berpikir lebih jernih, maka ini saatnya saya membagikan P3K untuk keadaan Anda, Ciee P3K niee.



3 Langkah Kesembuhan Putus Cinta 
  1. Berdoa Jangan meremehkan kekuatan sebuah doa. Dan saya tidak sedang berbicara mengenai hal yang spiritual atau religius. Saya sedang berbicara tentang sebuah proses psikologis yang nyata. Karena dengan berdoa, Anda mengijinkan diri Anda untuk menerima kenyataan, menerima semua rasa sakit, merelakannya dengan ikhlas, dan yang terpenting, memaafkan diri Anda sendiri.
    Saya tidak peduli apa agama dan kepercayaan Anda, saya bahkan tidak peduli apakah Anda beragama atau tidak, yang saya ingin Anda lakukan hanyalah mengucapkan beberapa baris kalimat di bawah ini dengan segenap perasaan dan seluruh niat Anda.
    Ambil waktu dan tempat pribadi di mana Anda tidak akan diganggu, dan ucapkan kalimat berikut dari dasar hati Anda:
    Saya sangat bersyukur karena telah mendapat kesempatan yang berharga bertemu dengan XXX (sebutkan nama mantan kekasih Anda). Saya bersyukur atas semua masa-masa indah dan kenangan manis yang telah saya alami bersamanya. Maafkan kesalahan saya yang tidak bisa menjaga hubungan ini, dan maafkan kesalahan XXX yang tidak bisa mempertahankan hubungan ini. Saya berdoa agar dia selalu bahagia dan mendapatkan apa yang dia cari. Tolong jaga dan lindungi XXX karena saya menyayanginya. Terimakasih atas pengalaman yang berharga ini. Saya tidak akan menyia-nyiakannya. Saya menerima dan merelakan semua yang terjadi. Amin..”
    Begitu Anda selesai berkata “amin..”, Maka akan datang tetangga saya si Amin menemui anda,, saya janji anda akan langsung merasakan kelegaan yang luar biasa. Kelegaan yang atas segala rasa bersalah dan ketidak relaan yang menghimpit Anda selama ini. Anda akan merasakan tubuh dan hati Anda menjadi lebih ringan, seolah-olah sebuah beban berat telah diangkat. Dan Anda pun akan siap untuk langkah yang berikutnya.

  2. Lakukan kegiatan yang membuat Anda sehat, nyaman dan energikAnda perlu menaruh perhatian yang besar pada kesehatan dan kenyamanan hidup Anda. Tidak ada orang yang dapat melakukan itu selain Anda sendiri. Misalnya hal-hal seperti berbelanja, memperbaiki pola makan dan istirahat, serta apapun yang membuat Anda bersemangat kembali.
    Saya sangat menganjurkan Anda mulai berolah raga, mungkin fitness, jogging, atau bermain futsal dengan teman-teman Anda. Karena bukan saja Anda akan merasa lebih sehat, olah raga adalah tempat penyaluran yang positif bagi emosi negatif Anda.
    Gali lagi hobi Anda yang terhilang. Anda pasti punya beberapa minat dan hobi yang dikubur semenjak pacaran dahulu, entah karena terlalu sibuk atau bertentangan dengan minat sang kekasih saat itu. Saatnya bagi Anda untuk kembali menggali dan memainkan hal-hal tersebut lagi.

  3. Temui sahabat-sahabat Anda.Salah satu hal terpenting dalam proses penyembuhan adalah menceritakan bagaimana keadaan dan perasaan Anda. Sebisa mungkin usahakan agar Anda tidak merenung sendirian terlalu banyak. Berkumpul lah bersama teman-teman Anda, dan bersenang-senang lah.
    Selain sahabat-sahabat terdekat, Anda juga dapat menghubungi teman-teman yang sudah lama tidak pernah bertemu dengan Anda. Ketika Anda bertemu dengan teman-teman lama Anda, teman SMA mungkin, sudah pasti akan tercipta suasana yang menyenangkan. Dan ini sangat bagus untuk Anda.
    Dan selanjutnya Anda pun bisa mulai bertemu dengan teman-teman baru. Buka diri Anda dan jangan menutup pergaulan. Bertemu orang-orang baru akan memberikan pengalaman baru bagi Anda, dan ketika Anda dikelilingi oleh suasana yang baru, akan sulit bagi Anda untuk terus memikirkan masa lalu Anda.
Dengan melakukan langkah-langkah di atas, saya yakin Anda akan dapat melalui keadaan ini dengan lebih mudah dan ringan. Atau apabila Anda menginginkan sebuah solusi yang lebih menyeluruh, komprehensif, dan permanen, tentu saja Anda dapat langsung menghubungi saya, liat dibawah ini no saya :D.
Seiring dengan pengalaman saya mengalami patah hati dan putus cinta, saya telah mempelajari pola-pola dan dinamika tentang keadaan putus cinta. Melalu trial-and-error, serta jatuh bangun berulang kali, saya akhirnya menemukan Broken Heart Survival Guide: sebuah metode paling efektif untuk mengatasi patah hati dan putus cinta yang akan saya bagikan dalam bentuk konsultasi pribadi.

Jangan menyerah sobat. Sembuhkan diri Anda, jadilah lebih bersinar, dan temukan cinta Anda kembali..
intinya jadilah dokter bagi diri anda sendiri, kapan lagi jadi dokter cobaa,, :D hahah


jangan lupaa likenya ya
tx a lot
(y)

Semoga bermanfaat,,

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar