Kamis, 26 Juni 2014

Review Kelompok hasil performa karyawisata

Kegiatan karyawisata ke home industry Rea-Choc Medan yang berlokasi di Jln. Dr.Mansyur No. 9B dilakukan pada hari Kamis tanggal 05 Juni 2014 pada pukul 11.00 Wib sampai pada pukul 13.00 Wib. Kegiatan karyawisata yang kelompok lakukan bertujuan untuk:
·      Memperkenalkan kepada peserta mata kuliah Andragogi tentang usaha home industry Rea-Choc Medan
·   Memperkenalkan kepada peserta mata kuliah Andragogi dengan melihat produk yang dihasilkan oleh home industry Rea-Choc Medan
·    Mengajak peserta mata kuliah Andragogi untuk ikut membuat langsung cokelat di home industry Rea-Choc Medan

      Kegiatan kayawisata yang kelompok lakukan sesuai dengan ketiga tujuan yang telah dirumuskan oleh kelompok sebelum terjun langsung ke lapangan untuk merealisasikannya. Walaupun pada kenyataannya kegiatan karyawisata yang kelompok lakukan tidak bisa dikatakan berjalan dengan sempurna. Saya pribadi merasa masih banyak kekurangan dan tidak kondusifnya suasana saat kegiatan karyawisata berlangsung. 
      Performa kegiatan karyawisata diawali dengan membagikan buku panduan mini yang berisikan tentang sejarah singkat dari berdirinya home industry Rea-Choc Medan, produksi-produksi cokelat yang dihasilkan dan juga proses cara pengolahan cokelat. Selanjutnya salah seorang anggota kelompok kami yang merupakan salah satu pemiliki dari home industry Rea-Choc Medan memberikan penjelasan tentang sejarah berdirinya home industry Rea-Choc Medan, menjelaskan sudah berapa lama berkecimpung di dunia bisnis, jenis-jenis cokelat yang dihasilkan serta memberikan beberapa katalog buku yang berikan tentang home industry Rea-Choc Medan yang telah berhasil dirintis dan sudah mulai terkenal di lapisan kalangan masyarakat. Kemudian dilanjutkan dengan membuat secara langsung kotak packing cokelat dan cokelat. Para peserta memiliki kesempatan untuk membuat dua bar cokelat sesuai dengan seleranya masing-masing menggunakan toping yang disediakan (keju, kopi, selai buah). Para peserta secara bergilir memasuki ruang produksi cokelatnya, dan saat satu kelompok sedang membuat cokelat para peserta lainnya menunggu sambil membuat packing cokelat yang nantinya akan digunakan untuk cokelat hasil buatan tangan para peserta. Saat proses pembuatan cokelat ada beberapa peserta yang berhasil membuatnya dan cokelat yang dihasilnya juga cukup bagus, namun ada juga beberapa peserta yang kurang beruntung karena cokelatnya tidak terbentuk dengan sempurnya. Cokelat para peserta yang gagal tersebut dikarenakan terlalu banyak toping yang digunakan, sehingga cokelatnya susah untuk membeku dengan sempurna.
      Dapat disimpulkan bahwa kegiatan karyawisata yang kelompok kami lakukan bisa dikatakan berhasil walaupun tidak sempurna namun sesuai dengan tujuan yang dibuat. Secara keseluruhan para peserta menjadi mengetahui tentang keberadaan dari home industry Rea-Choc Medan, mengetahui produk-produk cokelat apa saja yang dihasilkan dan dipasarkan serta mendapatkan pengalaman secara pribadi untuk membuat cokelat dengan tangan sendiri. Hal tersebut terbukti dari hasil evaluasi yang diberikan oleh para peserta pada saat pertemuan di ruang kelas pada hari Kamis tanggal 19 Juni 2014. 


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar