KUNJUNGAN
LAPANGAN DAN KARYAWISATA
A.
PENDAHULUAN
Kujungan lapangan dan karyawisata
merupakan media yang penting dalam proses pendidikan orang dewasa (POD).
Keduanya merupaka kunjuangan yang terencana kesuatu tempat di luar kelas atau
ke tempat pertemuan organisasi atau perkumpulan.
Kunjuangan Lapangan berkenaan dengan
membawa suatu kelompok pergi ketempat khusus dengan tujuan khusus pula, tujuan
tersebut tergantung pada konsep yang telah direncanaan, misalnya untuk
mengamati situasi, mengamati kegiatan atau praktik tertentu, atau membawa kelompok menemui seseorang, dan
lain sebagainya.
Karyawisata biasanya berhubungan
dengan kegiatan mengunjungi beberapa tempat-tempat yang menarik dan membutuhkan waktu yang lebih lama dari
pada kunjungan lapangan.
B.
KEUNTUNGAN
DAN KELEMAHAN KUNJUNGAN LAPANGAN DAN KARYAWISATA
Keuntungan
kunjuangn lapangan dan karyawisata sebagai media pendidikan orang desawa (POD)
yaitu :
ü
Kujungan karyawisata dan lapangan dapat
memberi kesempatan mengumpulkan pengalaman dan informasi baru.
ü
Benda-benda dapat diamati bentuknya
secara langsung
ü
Tiga dimensi, warna alami, dan gerakan –
gerakan dapat diamati.
ü
Menumbuhkan minat
ü
Dapat kesempatan belajar sambil bekerja
ü
Prosedur dapat di pelajari dan diamati
gara dapat di terapkan nantinya.
ü
Kunjungan lapangan dan karyawisata dapat
memberi pengertian nyata.
ü
Mendorong partisipasi anggota dalam
diskusi atau tidak lanjut setelah kunjungan lapangan dan karyawisata.
Kelemahan
kunjungan lapangan dan karyawisata sebagai media pendidikan orang dewasa (POD)
yaitu :
ü
Tidak cocok untuk beberapa bidang
permasalahan
ü
Mahal (waktu, biaya, tenaga) jika
kunjungan jauh.
ü
Melibatkan orang lain.
C.
TUJUAN
YANG DISARANKAN UNTUK KUNJUNGAN LAPANGAN DAN KARYAWISATA
Tujuan kunjungan lapangan dan karyawisata yang disarankan oleh Morgan,et
al. 1976, antara lain sebagai berikut:
Ø Pertanian : lahan pertanian,
peternakan, pabrik.
Ø Seni : galeri seni, pameran seni, kebun, pantai.
Ø Klub :
pelayanan, professional, komersial, rekreasi.
Ø Komunikasi :
telepon, telegrap, radio, televisi, surat kabar.
Ø Pemerintahan :
kantor pos, pengendalian erosi, gedung pengadilan.
Ø Pendidikan :
sekolah, akademi, museum, perpustakaan, galeri
Ø Bangunan : sistem air, jembatan,
jalan raya, gedung, terowongan.
Ø Pameran : pecan pertanian,
pementasan olahraga, pameran ilmiah
Ø Keuangan : bank, asosiasi simpan
pinjam
Ø Bahan
makanan : took roti, perusahaan
susu, pabrik botol
Ø Kesehatan : klinik, rumah sakit, kantor
pemadam kebakaran
Ø Sejarah : gedung, kuil, monumen, rumah, pameran seni
Ø Perumahan : Gedung, pemandangan alam, taman,
interior, perabot
Ø Pabrik : kendaraan bermotor, pesawat
terbang, pakaian,
Ø Militer : tentara, benteng, landasar pesawat
udara
Ø SDM : pertambangan, barang galian,
tambang minyak
Ø Musik : konser, opera, gedung konser,
pabrik alat musik
Ø Rekreasi :
perkemahan, tanah lapang, pantai, kolam renang
Ø Agama : gereja, misi, sekolah, katedral,
tempat beribadah
Ø Transportasi :
jalan kereta api, sistem evalator, jalan bawah tanah.
D. MERENCANAKAN KUNJUNGAN LAPANGAN DAN KARYAWISATA
Merencanakan kunjungan lapangan dan karyawisata agar berjalan lancar dan
efektif harus penuh dengan perencanan antara lain:
v Tujuan/maksud
v Keikutsertaan dalam Perencanaan
v Pemilihan
Tempat Tujuan
v Pengaturan
dengan Melibatkan Pihak Organisasi yang Akan Dikunjungi
v Pengaturan
Waktu
v Transportasi
v Bahan dan
Perlengkapan
v Pebentukan
Kepanitiaan
E. MELAKSANAKAN KUNJUNGAN LAPANGAN DAN KARYAWISATA
Kunjungan lapangan dan karyawisata
akan leih mudah dilaksanakan jika perencanaannya telah disusun secara cermat,
kemudian dilaksanakan dengan baik.
v Pengenalan
v Menjaga
Minat Kelompok
v Mempertahankan
Partisipasi
v Pengaturan
Untuk Kenyamanan Fisik Peserta
v Mengakhiri
Kunjungan Lapangan dan Karyawisata
v Tindak
Lanjut dan Evaluasi
Tidak ada komentar:
Posting Komentar