Rabu, 03 Juli 2013

Independent t-test

TUGAS STATISTIKA
ARTIKEL INDEPENDENT T-TEST

Disusun Oleh:
Carla Marsha                    121301108
Dika Lestari                      121301022
Maulidya Khairiyah          121301026
Mhd. Anggy Fajar Purba    121301104
Nurilan Nova Harahap      121301004
Riska Andani Simargolang 121301012


FAKULTAS PSIKOLOGI
UNIVERSITAS SUMATERA UTARA
T.A. 2012
T-test merupakan salah satu teknik statistik yang digunakan untuk membandingkan mean antara dua kelompok data.
Ø Independent t-test
Merupakan dua mean (data) yang diperbandingkan berasal dari dua kelompok partisipan yang berbeda.
Uji ini digunakan untuk mengetahui ada atau tidaknya perbedaan rata-rata antara dua kelompok sampel yang tidak berhubungan. Jika ada perbedaan, rata-rata manakah yang lebih tinggi. Data yang digunakan biasanya berskala interval atau rasio.  Ini sama halnya dengan between-subjects tests yang membandingkan mean dari dua sample untuk menentukan apakah meannya berbeda secara signifikan. Yang mana masing-masing sample-nya diberikan kasus/kondisi yang berbeda dan komposisi satu sample tidak dipengaruhi oleh komposisi sample lainnya.

Ø Contoh Soal Independent t-test
Seorang guru dalam penelitiannya ingin mengetahui apakah ada pengaruh metode pembelajaran (ceramah dan presentasi) terhadap  nilai ujian sejarah antara kelas A dan kelas B di SMA N 19. Penelitian dengan menggunakan sampel sebanyak 10 responden yang diambil dari kelas A dan kelas B. Data-data yang didapat sebagai berikut:
                        Tabel. Tabulasi Data (Data Fiktif)
Nilai
No
Kelas A
KelasB
1
          72
66
2
88
78
3
91
54
4
65
94
5
74
82

Penyelesaian
                          
 






                                                                                              
ü  Hasil Hitung Manual
Nilai




No
Kelas A
KelasB
XA-X
XB-X
(XA-X)2
(XB-X) 2
1
        72
66
-6
-8,8
36
77,44
2
88
78
10
3,2
100
10,24
3
91
54
13
-20,8
169
432,64
4
65
94
-13
19,2
169
368,64
5
74
82
-4
7,2
16
51,84
XA= 78
XB= 74,8
∑=0
∑=0
A=490
B=940,8


















ü  Hasil SPSS

Group Statistics

Kelas
N
Mean
Std. Deviation
Std. Error Mean
Ujian
Kelas A
5
78.00
11.068
4.950
Kelas B
5
74.80
15.336
6.859
Independent Samples Test


Levene's Test for Equality of Variances
t-test for Equality of Means




95% Confidence Interval of the Difference


F
Sig.
t
df
Sig. (2-tailed)
Mean Difference
Std. Error Difference
Lower
Upper
Ujian
Equal variances assumed
.455
.519
.378
8
.715
3.200
8.458
-16.304
22.704
Equal variances not assumed


.378
7.278
.716
3.200
8.458
-16.647
23.047






Kesimpulan :
ü Langkah-langkah Pengujian :
·      Hipotesis-nya
Ho : Tidak ada pengaruh metode pembelajaran (ceramah dan presentasi) terhadap  nilai ujian sejarah antara kelas A dan kelas B di SMA N 19.
Ha : Ada pengaruh metode pembelajaran (ceramah dan presentasi) terhadap  nilai ujian sejarah antara kelas A dan kelas B di SMA N 19.
·      Menentukan tingkat signifikansi
Kita mempergunakan signifikansi 5% atau 0,05 karena merupakan ukuran standar yang kerap digunakan dalam penelitian.
·      Menentukan t hitung
Dari hasi kita dapati nilai t hitung = 0,423
·      Menentukian t tabel
Karena uji dua sisi maka α = 5% : 2 =2,5% dengan derajat kebebasannya (df) = n-2 atau 5-2=3.  Dengan pengujian 2 sisi didapati t tabel = 3,182
·      Kriteria pengujian
Ho diterima jika t tabel < t hitung < t tabel
Ho ditolak jika t hitung < t tabel atau t hitung > t tabel
Probabilitas: Ho diterima jika P value > 0.05
                        Ho ditolak jika P value < 0,05
·      Membandingkan t hitung dengan t tabel dan probabilitas
Nilai t hitung < t tabel (0.423<3,182) dan P value (0,715>0,05) maka Ho diterima.
·      Kesimpulan
Karena nilai t hitung < t tabel (0.423<3,182) dan P value (0,715>0,05) maka Ho diterima, artinya tidak ada pengaruh metode pembelajaran (ceramah dan presentasi) terhadap  nilai ujian sejarah antara kelas A dan kelas B di SMA N 19.
















Tidak ada komentar:

Posting Komentar