Rabu, 03 Juli 2013

Private Speech ( Vygotsky VS Piaget)

Riska Andani Simargolang
121301012
(Kelas Genap)

Psikologi Perkembangan 1


Perbedaan Pandangan mengenai Private Speech

Vygotsky
Piaget
ü  Alat penting bagi pemikiran selama masa kanak-kanak ( early childhood)
ü  Bersifat Egosentris dan tidak dewasa
ü  Ketika anak kecil berbicara pada dirinya sendiri, mereka menggunakan bahasa untuk mengatur prilaku mereka sendiri.
ü  Ketika anak kecil berbicara pada dirinya sendiri, itu mencerminkan ketidakdewasaan (immatury).
ü  Penekanan kuat pada Konteks sosiokultural
ü  Penekanan Sedikit pada Konteks sosiokultural
ü  Tidak ada pandangan tentang tahapan umum perkembangan
ü  Penekanan kuat pada tahapan (sensorimotor, pra-oprasional, operasional konkrit, dan operasional formal)
ü  Zone of Proximal development, bahasa, dialog, alat dari kultur
ü  Scaffolding, Skema, asimilasi, akomodasi, operasi, konservasi, klasifikasi, penalaran hipotesis deduktif
ü  Bahasa memainkan peranan kuat dalam membentuk pemikiran
ü  Minimal, kognisi terutama mengatur bahasa.
ü  Pendidikan memainkan peran sentral, membantu anak mempelajari alat-alat ukur
ü  Pendidikan hanya memperbaiki keahlian kognitif anak yang sudah muncul.
ü  Kontruktivis sosial
ü  Kontruktivis kognitif

Persamaan Pandangan mengenai Private Speech

Vygotsky
Piaget
ü  Guru adalah fasilitator dan pembimbing, bukan pengatur, memberikan banyak kesempatan bagi murid untuk belajar bersama guru dan teman yang lebih ahli.
ü  Juga memandang guru sebagai fasilitator dan pembimbing, bukan pengatur, memberikan dukungan untuk anak agar mengekplorasi dunia mereka dan menemukan pengetahuan.
ü  Anak-anak pada tahap masa kanak-kanak akhir dan pubertas private speechnya akan hilang
ü  Pada Anak-anak di tahap masa kanak-kanak akhir dan pubertas private speechnya juga akan segera hilang

Tidak ada komentar:

Posting Komentar