TUGAS
STATISTIKA
ARTIKEL
INDEPENDENT T-TEST
Disusun Oleh:
Carla Marsha 121301108
Dika Lestari 121301022
Maulidya Khairiyah 121301026
Mhd. Anggy
Fajar Purba 121301104
Nurilan Nova
Harahap 121301004
Riska Andani
Simargolang 121301012
FAKULTAS PSIKOLOGI
UNIVERSITAS
SUMATERA UTARA
T.A. 2012
T-test
merupakan salah satu teknik statistik
yang digunakan untuk membandingkan mean antara dua kelompok data.
Ø Independent t-test
Merupakan
dua mean (data) yang diperbandingkan berasal dari dua kelompok partisipan yang
berbeda.
Uji ini digunakan
untuk mengetahui ada atau tidaknya perbedaan rata-rata antara dua kelompok
sampel yang tidak berhubungan. Jika ada perbedaan, rata-rata manakah yang lebih
tinggi. Data yang digunakan biasanya berskala interval atau rasio. Ini sama halnya dengan between-subjects tests yang membandingkan mean
dari dua sample untuk menentukan apakah meannya berbeda secara signifikan. Yang
mana masing-masing sample-nya diberikan kasus/kondisi yang berbeda dan
komposisi satu sample tidak dipengaruhi oleh komposisi sample lainnya.
Ø Contoh Soal Independent t-test
Seorang guru dalam penelitiannya
ingin mengetahui apakah ada pengaruh metode pembelajaran (ceramah dan presentasi) terhadap nilai
ujian sejarah antara kelas
A dan kelas B di SMA N 19. Penelitian dengan
menggunakan sampel sebanyak 10 responden yang diambil dari kelas A dan kelas B. Data-data yang didapat
sebagai berikut:
Tabel. Tabulasi Data
(Data Fiktif)
Nilai
|
||
No
|
Kelas A
|
KelasB
|
1
|
72
|
66
|
2
|
88
|
78
|
3
|
91
|
54
|
4
|
65
|
94
|
5
|
74
|
82
|
Penyelesaian
ü Hasil Hitung Manual
Nilai
|
|
|
|
|
||
No
|
Kelas A
|
KelasB
|
XA-X
|
XB-X
|
(XA-X)2
|
(XB-X) 2
|
1
|
72
|
66
|
-6
|
-8,8
|
36
|
77,44
|
2
|
88
|
78
|
10
|
3,2
|
100
|
10,24
|
3
|
91
|
54
|
13
|
-20,8
|
169
|
432,64
|
4
|
65
|
94
|
-13
|
19,2
|
169
|
368,64
|
5
|
74
|
82
|
-4
|
7,2
|
16
|
51,84
|
XA= 78
|
XB= 74,8
|
∑=0
|
∑=0
|
∑A=490
|
∑B=940,8
|
ü Hasil SPSS
Group Statistics
|
|||||
|
Kelas
|
N
|
Mean
|
Std. Deviation
|
Std. Error Mean
|
Ujian
|
Kelas A
|
5
|
78.00
|
11.068
|
4.950
|
Kelas B
|
5
|
74.80
|
15.336
|
6.859
|
Independent Samples Test
|
||||||||||
|
|
Levene's Test for Equality of Variances
|
t-test for Equality of Means
|
|||||||
|
|
|
|
95% Confidence Interval of the
Difference
|
||||||
|
|
F
|
Sig.
|
t
|
df
|
Sig. (2-tailed)
|
Mean Difference
|
Std. Error Difference
|
Lower
|
Upper
|
Ujian
|
Equal variances assumed
|
.455
|
.519
|
.378
|
8
|
.715
|
3.200
|
8.458
|
-16.304
|
22.704
|
Equal
variances not assumed
|
|
|
.378
|
7.278
|
.716
|
3.200
|
8.458
|
-16.647
|
23.047
|
Kesimpulan :
ü
Langkah-langkah
Pengujian :
·
Hipotesis-nya
Ho : Tidak ada pengaruh metode pembelajaran (ceramah dan presentasi) terhadap nilai ujian sejarah antara kelas A dan kelas B di SMA N 19.
Ha : Ada pengaruh metode pembelajaran (ceramah dan presentasi) terhadap nilai ujian sejarah antara kelas A dan kelas B di SMA N 19.
·
Menentukan tingkat signifikansi
Kita mempergunakan signifikansi 5% atau 0,05 karena
merupakan ukuran standar yang kerap digunakan dalam penelitian.
·
Menentukan t hitung
Dari hasi kita dapati nilai t hitung = 0,423
·
Menentukian t tabel
Karena uji dua sisi maka α = 5% : 2 =2,5% dengan
derajat kebebasannya (df) = n-2 atau 5-2=3. Dengan pengujian 2 sisi didapati t tabel =
3,182
·
Kriteria pengujian
Ho diterima jika t tabel < t hitung < t tabel
Ho ditolak jika t hitung < t tabel atau t hitung
> t tabel
Probabilitas: Ho diterima jika P value > 0.05
Ho ditolak
jika P value < 0,05
·
Membandingkan t hitung dengan t tabel dan probabilitas
Nilai t hitung < t tabel (0.423<3,182) dan P
value (0,715>0,05) maka Ho diterima.
·
Kesimpulan
Karena nilai t hitung
< t tabel (0.423<3,182) dan P value (0,715>0,05) maka Ho diterima, artinya
tidak ada pengaruh metode pembelajaran (ceramah dan presentasi) terhadap nilai ujian sejarah antara kelas A dan kelas B di SMA N 19.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar