Riska
Andani Simargolang
121301012
(Kelas
Genap)
Psikologi
Perkembangan 1
Perbedaan Pandangan mengenai Private Speech
Vygotsky
|
Piaget
|
ü
Alat penting
bagi pemikiran selama masa kanak-kanak ( early childhood)
|
ü
Bersifat
Egosentris dan tidak dewasa
|
ü
Ketika anak
kecil berbicara pada dirinya sendiri, mereka menggunakan bahasa untuk
mengatur prilaku mereka sendiri.
|
ü
Ketika anak
kecil berbicara pada dirinya sendiri, itu mencerminkan ketidakdewasaan
(immatury).
|
ü
Penekanan kuat
pada Konteks sosiokultural
|
ü
Penekanan
Sedikit pada Konteks sosiokultural
|
ü
Tidak ada
pandangan tentang tahapan umum perkembangan
|
ü
Penekanan kuat
pada tahapan (sensorimotor, pra-oprasional, operasional konkrit, dan
operasional formal)
|
ü
Zone of
Proximal development, bahasa, dialog, alat dari kultur
|
ü
Scaffolding, Skema,
asimilasi, akomodasi, operasi, konservasi, klasifikasi, penalaran hipotesis
deduktif
|
ü
Bahasa
memainkan peranan kuat dalam membentuk pemikiran
|
ü
Minimal,
kognisi terutama mengatur bahasa.
|
ü
Pendidikan
memainkan peran sentral, membantu anak mempelajari alat-alat ukur
|
ü
Pendidikan
hanya memperbaiki keahlian kognitif anak yang sudah muncul.
|
ü
Kontruktivis
sosial
|
ü
Kontruktivis
kognitif
|
Persamaan Pandangan mengenai Private Speech
Vygotsky
|
Piaget
|
ü
Guru adalah
fasilitator dan pembimbing, bukan pengatur, memberikan banyak kesempatan bagi
murid untuk belajar bersama guru dan teman yang lebih ahli.
|
ü
Juga memandang
guru sebagai fasilitator dan pembimbing, bukan pengatur, memberikan dukungan
untuk anak agar mengekplorasi dunia mereka dan menemukan pengetahuan.
|
ü
Anak-anak pada
tahap masa kanak-kanak akhir dan pubertas private speechnya akan hilang
|
ü
Pada Anak-anak
di tahap masa kanak-kanak akhir dan pubertas private speechnya juga akan
segera hilang
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar